Pelatihan Tiga Hari : Kalibrasi/Verifikasi, Pemeliharaan &Troubleshooting GC-GCMS

PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan bidang analisa (pengujian kimia) dan tuntutan jaminan mutu hasil pengujian, semakin diperlukan dukungan peralatan yang handal dan bermutu. Kelengkapan peralatan yang baik untuk memperlancar kegiatan analisa pada suatu laboratorium tidak dapat dipungkiri. Gas kromatografi (GC) merupakan salah satu metoda pengujian yang berkembang pesat dan populer, dimanfaatkan di berbagai industri. Tangguh dan praktis untuk analisa berbagai komoditas, khususnya gas, seperti pada industri petrokimia, polimer, dll

Kromatografi adalah suatu teknik analisa yang mencakup pemisahan dan deteksi yang digunakan untuk penentuan kualitatif (komposisi) maupun kuantitatif (konsentrasi) suatu sampel. Inilah yang menjadi keunggulan utama teknik analisa kromatografi. Terdapat dua bagian utama pada kromatografi yaitu fasa gerak (gas atau cairan) dan fasa diam. Karenanya sering dibedakan menjadi Kromatografi Gas (GC) dan Kromatografi cair/liquid (LC). Kromatografi cair/liquid umumnya bertekanan tinggi untuk mendapakan performa yang baik, hingga sering disebut High Performace Liquid Chromatograph (HPLC) atau KCKT (Kromatografi Cair Kinerja Tinggi).

Pada awalnya kromatografi gas lebih banyak digunakan untuk analisa sampel dalam bentuk gas, sejalan dengan perkembangan teknologi digunakan juga untuk analisa sampel cairan hingga sering juga disebut GLC (gas-liquid kromatografi). Demikian juga untuk sampel padatan yang dilarutkan dalam pelarut organik dan/atau diderivatisasi hingga mudah menguap (easy vapourable) dan dapat dianalisa dalam fasa gas/uap.

Namun demikian keunggulan teknik analisa GC sebagaimana kromatografi pada umumnya sangat bergantung pada ketersedian standar yang cukup sulit dan sangat mahal untuk pengadaannya.

Kini perangkat kromatografi gas makin berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya teknologi kolom, injektor, detektor dan perangkat pengolah dan penyimpanan data (komputer).

 

Demikian juga dengan perkembangan pesat Mass Spectrometer (MS) yang sering diintegrasikan pada Gas Kromatografi dan sering kita kenal dengan GCMS. Dengan berbagai keunggulannya, seperti sensitifitas yang tinggi, cepat dan dapat digunakan untuk analisa struktur senyawa kimia, semakin banyak dimiliki oleh laboratortium pengujian di industri maupun laboraotrium penelitian pada banyak instansi pemerintah.

Namun seringkali, investasi mahal untuk pengadaan perangkat GC dan GCMS belum memberikan hasil yang memadai, mangkrak tidak maksimal, bahkan rusak sebelum terpakai cukup untuk pengujian. Diantara penyebab yang sering ditemui adalah kurangnya kemampuan operasional, pengadaan spare-part (suku cadang) dan consumables (barang habis pakai) serta kemampuan untuk melakukan maintenance (pemeliharaan, perawatan dan perbaikan ringan).

Untuk membantu berbagai laboratorium dalam meningkatkan mutu personil, untuk dapat mengerjakan pekerjaan diatas, RCChem Learning Centre mengadakan pelatihan ini yang ditujukan bagi tenaga staf dan operasional (analis, supervisor, manager) laboratorium yang bekerja untuk bidang pengujian kimia.

 

TUJUAN  PELATIHAN

Pelatihan ini bertujuan meningkatan kemampuan peserta dalam verifikasi, operasinal peralatan, perawatan dan troubleshooting perangkat GC, baik pengetahuan dasar (konsep), teknologi, postur dan konfigurasi peralatan serta penggunaannya (aplikasi) yang optimal

Dengan mendapatkan materi pelatihan ini, peserta diharapkan;