Customer Service Excellence (CSE) / Pelayanan Prima Laboratorium Pengujian
PENDAHULUAN
Bagian terpenting dalam pergaulan dan bisnis adalah menciptakan seluas mungkin jaringan persahabatan dan kemitraan yang dibangun di atas fondasi kaidah relationship yang kokoh, hal itu tidak dapat kita ciptakan dengan serta merta tanpa adanya konsep kemitraan yang jelas. Konsep kemitraan yang dibangun dengan baik, benar dan kokoh serta telah terbukti baik secara empirik maupun secara teoritik dimulai dari kemampuan berkomunikasi dengan tepat, lengkap dan lugas, serta jelas konteks dan kontennya.
Kemampuan berkomunikasi secara ideal seperti tersebut di atas, merupakan kemampuan yang tergolong dalam kelompok softskils, artinya siapapun orangnya, dari golongan apapun, dan dari level jabatan apapun, dituntut hal yang sama jika ingin sukses dalam mengembangkan jaringan bisnis dan memenangkan persaingan bisnis yang makin kompetitif. Tuntutan kemampuan berkomunikasi dengan baik ini merupakan hukum positif yang berkembang di pasar, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka harus dipenuhi oleh para pelaku pasar. Peningkatan kemampuan berkomunikasi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan atau workshop sebagai upaya menutup gap komunikasi yang ada pada kita.
Komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci sukses dalam memberikan pelayan prima kepada pelanggan, karena hampir seluruh kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan proses komunikasi antara penyedia layanan dengan pelanggannya (baik komunikasi verbal maupun non-verbal).
Di era persaingan yang semakin ketat, setiap perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi dan prima, baik yang dilakukan oleh front liners maupun oleh staf back-end. Dan hal ini pun berlaku bagi tenaga laboratorium yang bekerja sebagai penyedia jasa bagi pelanggan yang langsung berhubungan dengannya.
TUJUAN
Untuk Peserta Pelatihan :
- Meningkatkan kepercaan diri (self confidence) dalam pergaulan dan aktivitas bisnis.
- Memahami pentingnya pelayanan prima kepada pelanggan dalam memenangkan persaingan.
- Memahami berbagai macam karakter pelanggan dengan pendekatan yang singkat dan menyenangkan.
- Membuka wawasan pentingnya melakukan seni berkomunikasi yang efektif.
- Memahami teknik berkomunikasi yang baik dan efektif dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.
- Menemukan keajaiban-keajaiban dari komunikasi bisnis yang dilakukan dengan tepat, baik dan bersahabat.
- Mampu mengembangkan sikap, perilaku dan etika dalam pelayanan kepada pelanggan sehingga mampu menigkatkan kepuasan pelanggan.
Untuk Perusahaan :
- Merupakan upaya continuous improvement staf dengan biaya terjangkau dan efektifitas tinggi tanpa harus kehilangan waktu terlalu lama pada jam-jam produktif.
- Meningkatkan performa laboratorium melalui peningkatan kemampuan keterampilan staf dalam melakukan pelayanan prima kepada pelanggan.
- Meningkatkan company image melalui kemampuan seni berkomunikasi yang dilakukan staf laboratorium sebagai “duta perusahaan” dalam menjalankan bisnis.
MATERI PELATIHAN
- Pentingnya pelayanan prima bagi tenaga laboratorium dalam kaitannya dengan nilai ekonomis.
- Mengenai karakter dan perilaku yang beragam dari pelanggan dengan berbagai macam metode pendekatan praktis.
- Teknik berkomunikasi yang benar dan efektif, komunikasi kombinasi antara verbal dan non verbal (bahasa tubuh) yang benar akan menghilangkan mispersepsi antara pemberi layanan dengan pelanggan.
- Etika berkomunikasi, baik secara langsung maupun melalui media komunikasi lainnya, hal apa saja yang diperbolehkan dan hal apa saja yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan pada saat melayani pelanggan.
- Mempertahankan pelanggan dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dari puas menjadi setia (loyal).
PESERTA PELATIHAN
Peserta adalah mereka yang terlibat langsung dalam pengelolaan laboratorium pengujian baik manajer mutu, manajer teknis, manajer administrasi, penyelia maupun staf penerima contoh di laboratorium.