Customer Service Excellence (CSE) / Pelayanan Prima Laboratorium Pengujian

PENDAHULUAN

Bagian terpenting dalam pergaulan dan bisnis adalah menciptakan seluas mungkin jaringan persahabatan dan kemitraan yang dibangun di atas fondasi kaidah relationship yang kokoh, hal itu tidak dapat kita ciptakan dengan serta merta tanpa adanya konsep kemitraan yang jelas. Konsep kemitraan yang dibangun dengan baik, benar dan kokoh serta telah terbukti baik secara empirik maupun secara teoritik dimulai dari kemampuan berkomunikasi dengan tepat, lengkap dan lugas, serta jelas konteks dan kontennya.

Kemampuan berkomunikasi secara ideal seperti tersebut di atas, merupakan kemampuan yang tergolong dalam kelompok softskils, artinya siapapun orangnya, dari golongan apapun, dan dari level jabatan apapun, dituntut hal yang sama jika ingin sukses dalam mengembangkan jaringan bisnis dan memenangkan persaingan bisnis yang makin kompetitif. Tuntutan kemampuan berkomunikasi dengan baik ini merupakan hukum positif yang berkembang di pasar, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka harus dipenuhi oleh para pelaku pasar. Peningkatan kemampuan berkomunikasi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan atau workshop sebagai upaya menutup gap komunikasi yang ada pada kita.

Komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci sukses dalam memberikan pelayan prima kepada pelanggan, karena hampir seluruh kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan proses komunikasi antara penyedia layanan dengan pelanggannya (baik komunikasi verbal maupun non-verbal).

Di era persaingan yang semakin ketat, setiap perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi dan prima, baik yang dilakukan oleh front liners maupun oleh staf back-end. Dan hal ini pun berlaku bagi tenaga laboratorium yang bekerja sebagai penyedia jasa bagi pelanggan yang langsung berhubungan dengannya.

 

TUJUAN

Untuk Peserta Pelatihan :

Untuk Perusahaan :

 

MATERI PELATIHAN

 

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah mereka yang terlibat langsung dalam pengelolaan laboratorium pengujian baik manajer mutu, manajer teknis, manajer administrasi, penyelia maupun staf penerima contoh di laboratorium.