Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Laboratorium Kimia

PENDAHULUAN

Bahan kimia selain berbahaya terhadap kesehatan, berpotensi untuk menjadi sumber atau pemicu kebakaran dan mudah meledak. Pengetahuan mengenai sifat beracun (toxic) dan korosif (corrosives)  diperlukan, karena dapat berakibat fatal seperti kematian akibat keracunan, juga dapat mengganggu kesehatan para pekerja. Gangguan terhadap kesehatan dapat disebabkan karena penghirupan atau keterpaan terhadap bahan dalam jangka panjang. Keterpaan terhadap pelarut organik, logam-logam berat, pestisida dan bahan karsinogenik dapat mempengaruhi organ-organ tubuh seperti hati, ginjal dan syaraf. Sedang keterpaan pada zat korosif seperti asam dan basa dapat merusak saluran pernafasan dan paru-paru yang dapat mengganggu kesehatan sepanjang masa. Selain itu, pengetahuan mengenai bahan mudah terbakar dan kemampuan untuk dapat menghindari sumber energi penyebab kebakaran sangat penting, agar dapat mencegah terjadinya kebakaran di lingkungan laboratorium. Usaha penanggulangan harus juga disiapkan untuk mengurangi dampak kebakaran.   Dalam rangka peningkatan pengetahuan para pekerja di laboratorium baik di industri, lembaga litbang, ataupun di laboratorium pengujian, RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan ” Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Laboratorium Kimia ”.

 

TUJUAN :

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran yang tinggi akan bahaya bahan kimia yang digunakan di laboratorium serta kesiapan dalam penanggulangan kejadian.

 

SASARAN :

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan peserta dapat :

 

MATERI PELATIHAN :

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah staff, teknisi dan analis yang bekerja langsung dengan bahan kimia baik dalam industri, laboratorium, atau gudang bahan kimia.