Validasi/Verifikasi Metoda pada Analisis Spektrofotometri UV/Vis

 

Teknik Analisis spektofotometri termasuk salah satu teknik analisis instrument yang telah cukup lama dikenal disamping teknik kromatografi dan elektrokimia. Spektroskopi UV/VIS telah menjadi salah satu tehnik spektroskopi absorpsi yang banyak dimanfaatkan karena umumnya relatif sederhana dan praktis digunakan dalam berbagai jenis analisis, misalnya : senyawa organik, anorganik maupun bidang mikrobiologi. Kehandalan dan kecepatan metode pengujian spektrofotometri UV/Vis menjadi pilihan berbagai jenis laboratorium terutama dalam usaha untuk menunjang efisiensi dan efektifitas analisis.

Peralatan spektroskopi UV/VIS mulai yang sederhana hingga yang canggih atau dilengkapi dengan system komputer telah banyak dimiliki oleh berbagai laboratorium di Indonesia. Investasi besar dalam peralatan-peralatan ini dirasakan amat penting dalam menunjang misi laboratorium. Tetapi pemanfaatan/pengelolaannya amat bergantung pada kemampuan personel. Kurangnya pemahaman teori dasar, spektrum aplikasi, kalibrasi dan validasi metoda seperti dipersyaratkan dalam SNI ISO/IEC 17025 : 2008 terbukti dapat menyebabkan kurangnya common sense dan kepercayaan diri untuk menerapkan ke dalam berbagai macam masalah analisis kimia hingga mampu mencapai data hasil yang akurat dan abash(valid).

Untuk membantu industri, laboratorium jasa, lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu personel hingga mencapai kompetensi yang diakui secara syah, RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan teknis laboratorium “Validasi/Verifikasi Metoda Pada Spektrofotometri UV/VIS”. Pelatihan ini terbuka bagi tenaga – tenaga staf dan operasional laboratorium yang berkecimpung dalam bidang analisis kimia.

 

 

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam teknik analisis spektroskopi UV/VIS serta melakukan Validasi/Verifikasi metoda yang dipilih atau digunakan. Dengan mendapatkan materi pelatihan ini, peserta diharapkan dapat :

·         Memperoleh pengetahuan dasar dan keterampilan dalam menggunakan peralatan spektrofotometer UV/VIS.

·         Mengetahui kelebihan dan keterbatasan serta cara memperoleh data yang handal dari teknik spetroskopi UV/VIS.

·         Memahami cara menguji unjuk kerja peralatan dan kalibrasinya.

·         Memahami cara melakukan Validasi/Verifikasi metoda pada analisis spektroskopi UV/Vis seperti yang dipersyaratakan oleh SNI ISO/IEC 17025:2008.

 

 

·         Dasar-darar Analisis Spektroskopi.

·         Teknik Analisis spektroskopi UV/VIS.

·         Aplikasi Analisis spektroskopi UV/VIS.

·         Pemeliharaan peralatan spektroskopi UV/VIS.

·         Verifikasi/Kalibrasi peralatan  spektroskopi UV/VIS.

·         Verifikasi kinerja/ Validasi Metoda Analisis.

 

 

·         Teknik analisis spektroskopi visible dan kalibrasi.

·         Teknik analisis spektroskopi UV/Vis dan Validasi/Verifikasi.

 

 

Peserta adalah para staf dan teknisi yang berpenglaman yang langsung menangani analisi kimia tingkat menengah atas. Terbuka bagi sarjana kimia atau ilmu terkait.