Teknik Pengambilan Contoh dan Analisis Parameter Emisi Gas Buang dari Sumber Tak Bergerak

Pendahuluan

Pencemaran udara saat ini terutama pada kota-kota besar ataupun kawasan-kawasan industri di Indonesia mulai dirasakan menjadi masalah yang cukup memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya keluhan-keluhan masyarakat yang tinggal berdekatan dengan kawasan industri/pabrik. Keluhan-keluhan tersebut berupa sesak nafas, rasa mual akibat bau yang tidak enak, rasa perih dimata (iritasi), batuk-batuk akibat terhirupnya debu/asap hitam yang keluar dari cerobong pabrik, dll.

 

Buruknya kondisi kualitas udara pada kota/daerah-daerah tersebut di atas menyebabkan pemerintah cq. Menteri Negara Lingkungan Hidup (MENLH) mengeluarkan peraturan yaitu Program Langit Biru yang mulai berlaku efektif pada Maret 1995. Program ini bertujuan untuk memperkecil konsentrasi gas polutan yang akan dikeluarkan oleh industri/pabrik ke udara luar guna menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

 

Adapun buruknya kualitas udara emisi yang dikeluarkan oleh industri/pabrik antara lain dapat disebabkan karena :

 

Untuk mensukseskan Program Langit Biru yang telah diberlakukan oleh pemerintah, diperlukan niat baik dari kalangan industriawan untuk mengurangi kadar zat pencemaran (polutan) sebelum dibuang ke udara. Selain itu perlu dipersiapkan tenaga-tenaga terampil serta peralatan yang memadai agar dapat melakukan pemantauan kualitas udara emisi dari suatu pabrik/industri secara benar.

 

Mengingat pentingnya hal tersebut, RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan : “Teknik Sampling Kualitas Udara Emisi Dari Sumber Tidak Bergerak”. Pelatihan dikemas dalam konsep pelatihan berbasis kompetensi CBT (Competency Based Training) yang bermanfaat bagi peningkatan kemampuan SDM Lingkungan.

 

Tujuan

Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengetahui dan memahami dasar-dasar teknik sampling dan pemantauan kualitas udara emisi, sebagai berikut :

 

Materi Kuliah

 

 

Materi Praktikum

 

 

Peserta Pelatihan

Peserta adalah para sarjana atau teknisi berpengalaman yang bekerja dalam bidang lingkungan, laboratorium analisis kimia dan keselamatan, kesehatan kerja..