Pelatihan Dua Hari : ISO Guide 34, Persyaratan Kompetensi Produsen Bahan Acuan

Pendahuluan

Bahan acuan digunakan secara luas untuk kalibrasi alat ukur dan untuk evaluasi/ validasi prosedur pengukuran. Jumlah produsen bahan acuan makin meningkat dan pembuktian kompetensi teknis dan ilmiah produsen merupakan persyaratan dasar untuk memastikan  mutu dari bahan acuan yang diproduksi.

Kebutuhan akan bahan acuan baru yang bermutu lebih tinggi juga meningkat sebagai konsekuensi baik dari meningkatnya  ketelitian alat ukur maupun dari adanya kebutuhan terhadap data yang lebih akurat dan handal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dapat terjadi beberapa bahan acuan yang sebelumnya dapat diterima, tidak lagi dapat memenuhi persyaratan yang lebih ketat tersebut. Karena itu, produsen bahan acuan tidak hanya perlu memberikan informasi tentang bahan yang diproduksinya dalam bentuk laporan, sertifikat, dan pernyataan, tetapi juga harus membuktikan kompetensinya dalam memproduksi bahan acuan dengan mutu yang memadai.

Sudah saatnya laboratorium di Indonesia mulai ikut mengambil peran dalam memproduksi bahan acuan menggunakan matriks bahan yang memang diperlukan oleh kebanyakan laboratorium di Indonesia. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh produsen dalam proses produksi bahan acuan tertuang dalam ISO Guide 34. Pedoman ini  merupakan panduan spesifik untuk menginterpretasikan ISO/IEC 17025 dan seri ISO 9000 dalam konteks produksi bahan acuan. ISO Guide 34 digunakan oleh produsen bahan acuan dalam mengembangkan dan menerapkan sistem mutunya, dan oleh badan untuk menilai kompetensi produsen bahan acuan. Dalam pelatihan ini akan diuraikan hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan bahan acuan sesuai ISO Guide 34.

 

TUJUAN

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai pembuatan bahan acuan. Dengan mendapatkan materi pelatihan ini diharapkan peserta dapat mempunyai pengetahuan mengenai persyaratan manajemen dan teknis dari ISO Guide 34 serta hal-hal teknis pada pembuatan bahan acuan meliputi perencanaan, penanganan kandidat dan pembuatan, ketertelusuran metrologi, homogenitas dan stabilitas, penetapan nilai dan pembuatan sertifikat bahan acuan.

 

MATERI PELATIHAN

Mencakup pengetahuan mengenai persyaratan teknis dan produksi antara lain:

 

Pokok-pokok kuliah/ringkasan diberikan dalam bentuk diktat (hand out).

Penanggung Jawab Materi : Dr. Julia Kantasubrata