Pelatihan Dua Hari : ILAC G13, Persyaratan Kompetensi Penyelenggara Uji Profisiensi

Pendahuluan

Uji profisiensi (UP) merupakan alat yang ampuh dari jaminan mutu yang memung-kinkan laboratorium memantau kinerjanya dan membandingkan hasil pengujiannya dengan laboratorium yang serupa. Skema uji profisiensi digunakan oleh badan akreditasi sebagai bagian dari proses untuk mengasses kemampuan laboratorium dalam melakukan pengujian dan pengukuran secara kompeten. UP merupakan komplemen dari asesmen lapangan yang dilakukan para asesor.

UP adalah salah satu jenis uji banding antar laboratorium yang mengandung unsur pendidikan bagi laboratorium dalam menetapkan efektifitas dan akurasi metode pengujian, memeriksa unjuk kerja dari staf laboratorium secara individual atau menetapkan sifat bahan hingga mencapai derajat akurasi tertentu (misal pada pembuatan bahan acuan)

Laboratorium dan badan akreditasi akan dapat menggunakan hasil UP sebagai informasi tambahan dalam proses akreditasi apabila mereka percaya bahwa UP terkait diselenggarakan secara kompeten dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Pengguna lain dari UP akan mempunyai tambahan kepercayaan apabila penyelenggara UP tersebut telah terakreditasi.

Cara memilih skema UP dan keberterimaan skema UP untuk keperluan asesmen laboratorium secara rinci diuraikan dalam spesifikasi teknis dari ISO 17043. ILAC G13 menguraikan persyaratan kompetensi dari penyelenggara UP dan ditujukan untuk penyelenggara UP yang atas dasar sukarela mengharapkan memperoleh akreditasi, dengan jalan memenuhi persyaratan-persyaratan yang dapat diterima secara nasional maupun internasional dalam merencanakan dan mengimplementasikan UP. ILAC G13 dipakai sebagai dasar untuk mengakui kompetensi dari penyelenggara skema UP.

 

Tujuan

Pelatihan bertujuan untuk mempersiapkan laboratorium & personil laboratorium agar dapat menjadi penyelenggara Uji Profisiensi. Dengan mendapatkan materi pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami semua persyaratan teknik maupun manajemen ILAC G13 sehingga siap untuk menunjukan kemampuannya dalam upaya mendapatkan pengakuan sebagai penyelenggara UP di lingkungannya.

 

Materi Pelatihan