Pelatihan Dua Hari : ISO 17043 : Uji Profisiensi Laboratorium Cara Penyelenggaraan dan Pengolahan Data

PENDAHULUAN

Uji Profisiensi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja laboratorium. Program uji profisiensi telah sering dilakukan di Indonesia oleh berbagai institusi antara lain KAN - BSN, Pusat Penelitian Kimia - LIPI dan institusi lainnya. Tujuan utama uji profisiensi adalah untuk mengevaluasi unjuk kerja masing-masing laboratorium peserta dengan cara uji banding antar laboratorium.

Uji banding antara laboratorium mempunyai lingkup yang lebih luas dari uji profisiensi karena uji banding laboratorum  dapat dipakai untuk maksud :

 

 

Pada uji ini semua laboratorium peserta melaksanakan suatu pengujian terhadap contoh uji yang sama dan hasilnya dibandingkan terhadap hasil dari laboratorium lain. Contoh uji yang telah homogen didistribusikan kepada laboratorium peserta kemudian seluruh laboratorium menganalisis contoh tersebut secara serentak dan hasilnya kemudian dikumpulkan untuk diolah secara statistika.

Dalam pelatihan ini bahan mengenai apa itu uji profisiensi, bagaimana menyelenggarakannya dan bagaimana mengolah data hasil uji profisiensi dirancang sedemikian rupa untuk dapat secara mudah dikomunikasikan kepada personil laboratorium penguji.

Bahan yang disajikan sesuai dengan Pedoman dari ISO/IEC Guide 43, termasuk di dalamnya mengenai persyaratan kemampuan laboratorium penyelenggara dan pengolahan data secara statistika yang banyak digunakan dalam uji profisiensi.

 

TUJUAN

Pelatihan  bertujuan untuk mempersiapkan laboratorium/personil laboratorium agar dapat merencanakan dan mengimplementasikan uji profisiensi. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta memahami semua persyaratan teknik maupun manajemen dari uji profisiensi, sehingga siap untuk menunjukan kemampuannya dalam upaya mendapatkan pengakuan sebagai penyelenggara uji profisiensi di lingkungannya.

 

MATERI PELATIHAN

Terdiri atas kuliah dan praktek perhitungan secara statistika menggunakan komputer. Untuk itu sangat disarankan peserta dapat membawa laptop/notebook sendiri.

 

MATERI KULIAH

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah para penyelia dan teknisi pengujian yang telah berpengalaman dalam pekerjaan laboratorium. Berpendidikan minimal Sekolah Menengah Kejuruan yang relevan atau Sarjana.