Pelatihan Dua Hari : Teknik Investigasi & Upaya Tindak Lanjut Uji Profisiensi

PENDAHULUAN

Laboratorium yang telah diakreditasi oleh KAN-BSN wajib mengikuti program uji profisiensi minimal sekali dalam setahun untuk lingkup akreditasinya. Apabila KAN tidak menyelenggarakan uji profisiensi untuk suatu lingkup tertentu, maka laboratorium dianjurkan untuk menyelenggarakan sendiri atau berpartisipasi dalam program uji profisiensi yang diselenggarakan oleh lembaga lain yang mempunyai reputasi baik dalam penyelenggaraan uji profisiensi.

Selanjutnya apabila dalam uji profisiensi tersebut laboratorium menperoleh hasil yang tidak memuaskan, laboratorium harus melakukan investigasi dan tindakan perbaikan untuk setiap hasil uji profisiensi yang outlier.

Hasil investigasi dan bukti tindakan perbaikan harus diserahkan ke Sekretariat KAN paling lama 30 hari sejak hasil uji profisiensi diterima, dan hasil investigasi  serta bukti tindakan perbaikan ini yang kemudian akan diverifikasi oleh KAN.

Seringkali laboratorium tidak mengerti apa yang dimaksud dengan investigasi dan bagaimana laboratorium harus melakukan tindak perbaikan terhadap hasil yang outlier tersebut. Agar laboratorium memahami semua hal diatas maka RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan “Pelatihan Singkat Investigasi dan Upaya Tindak Lanjut Hasil Uji Profisiensi”. Pelatihan ini terbuka bagi Industri, Laboratorium Jasa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan serta Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

Pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami, dan melakukan investigasi serta upaya tindak lanjut terhadap hasil Uji profisiensi yang outlier.

 

Dengan mendapatkan materi pelatihan singkat ini  diharapkan peserta dapat:

 

MATERI

 

PESERTA PELATIHAN

Para pengelola laboratorium pengujian, baik manajer puncak, manajer mutu, manajer teknis maupun para penyelia.