Sistem Manajemen Informasi Laboratorium (LIMS) Mendukung SNI ISO/IEC 17025:2018 (ISO 17025 Versi 2017)

PENDAHULUAN

Untuk dapat meyakinkan bahwa laboratorium mempunyai kemampuan dalam menghasilkan data yang akurat dan handal, laboratorium tersebut harus menerapkan system manajemen mutu laboratorium berbasis ISO 17025 dan terakreditasi sebagai laboratorium kalibrasi dan pengujian dengan fokus kepuasaan pelanggan. Kehandalan data hasil analisis merupakan hal yang perlu diperhatikan, termasuk kecepatan penyampaian laporan hasil analisis dan akurasi dari data yang di cetak. Kecepatan penyampaian laporan hasil analisis dipengaruhi oleh lamanya analisis dan pengolahan data hasil analisis. Sedangkan kesalahan data yang diakibatkan oleh kesalahan penginputan data oleh operator (human error) akan berakibat sangat fatal terhadap hasil analisis. Untuk memperkecil kesenjangan waktu dan kesalahan data, maka dibuat program khusus untuk mengelola data hasil analisis dengan menggunakan sistem online. Pengelolaan data dibuat sesuai peranan personil yang diatur di dalam ISO 17025, yaitu manajer administrasi, manajer teknis, penyelia dan analis. Program ini berfungsi untuk mengefisienkan waktu dan jarak, sehingga kesalahan data dan kendala waktu menjadi sangat minimal. Selain itu penelusuran data menjadi lebih mudah dan akurat. Data yang tersimpan dalam media komputer sangat mudah untuk dicari, dimutakhirkan akan tetapi tidak mudah untuk dirubah. Diharapkan program ini dapat membantu kinerja laboratorium yang akan atau telah terakreditasi, sehingga dapat mengefisienkan waktu dan mengurangi kesalahan input data. RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan “Sistem Manajemen Informasi Laboratorium (LIMS) Mendukung SNI ISO/IEC 17025:2008“ diharapkan progam ini bermanfaat bagi para peserta untuk dapat membantu mengolah data hasil analisis di laboratorium pengujian kimia, baik sebagai manajer administrasi, manajer teknis, penyelia maupun teknisi/analis.

 

TUJUAN

Setelah pelatihan diharapkan para peserta dapat memahami sistem pengelolaan data hasil analisis di laboratorium pengujian kimia berbasis ISO 17025 secara online, seperti :

 

MATERI KULIAH

 

MATERI PRAKTIKUM

 

PESERTA PELATIHAN

Tenaga laboratorium pengujian kimia yang telah atau akan diakreditasi seperti manajer teknis, manajer administrasi, penyelia dan analis kimia dengan minimal pendidikan SMK, STM Kimia atau SLTA yang telah berpengalaman di laboratorium pengujian kimia, Disarankan setiap peserta membawa laptop dan data hasil analisis.