Teknik Pengambilan Contoh Limbah Padat Bahan Berbahaya dan Beracun

PENDAHULUAN

Mengingat sifat dan dampak yang ditimbulkannya, limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) memerlukan pengelolaan yang lebih hati-hati dan seksama. Pemantauan limbah B3 adalah salah satu bagian dari upaya pengelolaan limbah B3.

Kesahihan data pemantauan sangat ditentukan oleh tingkat keakurasian data hasil analisis. Keakurasian data ditentukan sejak pengambilan contoh uji di lapangan, pengawetan contoh uji, penyimpanan dan preparasi contoh uji sampai contoh uji tersebut dianalisis di laboratorium dan evaluasi data.

Sesuai PP 18/99 tentang Pengelolaan Limbah B3 Uji TCLP (Toxicity Characteristic Leaching Procedure) merupakan salah satu cara untuk menentukan karakteristik limbah beracun. Disamping digunakan sebagai penentuan salah satu sifat “beracun” dari suatu limbah, uji TCLP dapat diterapkan pula dalam evaluasi produk pretreatment limbah sebelum di landfilling, yaitu dalam proses stabilisasi/solidifikasi (S/S).

Uji TCLP perlu dilakukan baik terhadap limbah padat/semi padat yang dihasilkan oleh industri juga dilakukan terhadap limbah B3 yang akan di-landfilling secara rutin namun biayanya cukup mahal. Untuk mengurangi biaya, pihak industri sebaiknya mampu melakukannya pengujian terhadap limbahnya sendiri, apakah termasuk limbah B3 atau bukan. Peralatan laboratorium, baik instrumen modern maupun metoda konvensional dapat dimanfaatkan.

Untuk membantu meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan SDM dari unit yang terlibat langsung dalam pengelolaan terutama dalam pengujian limbah B3, RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan “Teknik Sampling Limbah Padat B3” yang terbuka untuk industri, instansi pemerintah dan masyarakat lain yang membutuhkannya.

 

TUJUAN

Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengetahui dan memahami :

 

MATERI PELATIHAN

Untuk mencapai tujuan diatas, materi pelatihan dibagi dua kelompok besar, yakni perkuliahan di kelas dan praktikum di laboratorium ataupun di lapangan. Selain itu diberikan pula test awal dan test akhir sebagai sarana evaluasi

 

MATERI PRAKTIKUM

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah para sarjana atau teknisi berpengalaman yang bekerja dalam bidang Keselamatan, Kesehatan kerja dan Lingkungan (LK3) dan Laboratorium Pengujian Kimia dan Lingkungan.