Validasi/Verifikasi Metode Analisis Berbasis Spektrometri Serapan Atom (AAS)

PENDAHULUAN

Metode analisis dengan teknik AAS adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan dewasa ini dibidang analisis logam dalam berbagai matriks contoh. Pada pelatihan “Teknik Analisis Spektrometri Serapan Atom (AAS) Berbasis Kompetensi Level I” materi pelatihan lebih diperuntukan bagi level analis/operator, dimana pembahasan ditekankan pada pemahaman prinsip dasar, peralatan, metode preparasi contoh dan gangguan pada teknik analisis AAS. Demikian juga pembahasan lebih dititik beratkan pada teknik Flame dan Cold Vapour AAS.

Level penyelia/Supervisor mempunyai tanggung jawab yang lebih luas dimana selain dituntut untuk mengusai materi pada level 1 juga dituntut untuk memastikan validitas metode AAS sebelum dapat diterapkan dalam pengujian sampel rutin. Pada pelatihan ini, pembahasan teknik analisis AAS akan lebih luas, yaitu selain mencakup instrumen AAS dan teknik analisisnya, juga tentang aspek-aspek pengelolaan laboratorium seperti pengendalian peralatan, pengendalian kontaminasi, validasi/verifikasi metode, control dan jaminan mutu hasil analisis (QC/QA), dan juga estimasi ketidakpastian juga akan diperdalam disini.

Untuk membantu kesiapan laboratorium penguji dalam rangka akreditasi laboratorium, RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan “Validasi/Verifikasi Metode Analisis Berbasis Spektrometri Serapan Atom (AAS)”.  Pelatihan diperuntukkan bagi para penyelia/supervisor yang ingin meningkatkan penguasaannya tentang aspek pengendalian pengujian yang melibatkan analisis spektrometri AAS ini.

TUJUAN

Pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori maupun praktek dalam hal validasi/verifikasi metode analisis berbasis AAS, agar para peserta pelatihan dapat lebih mendalami seluk beluk penerapan metode AAS ini di laboratorium.

 

MATERI KULIAH

 

MATERI PRAKTIKUM

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah para penyelia/supervisor dan para analisis/operator laboratorium.