Manajemen Laboratorium Analisa Kimia

PENDAHULUAN

Mengelola laboratorium Kimia Analisis merupakan pekerjaan yang kompleks tetapi menantang. Kemampuan manajemen saja tidaklah cukup, tanpa pengetahuan teknis laboratorium. Sebaliknya pengetahuan teknis yang cukup perlu dilengkapi dengan kemampuan mengelola sumber daya laboratorium. Selain itu laboratorium sebagai “data generator”, harus mampu menghasilkan data yang handal dan dapat dipercaya kebenarannya agar tidak menyesatkan dalam pengambilan keputusan. SNI ISO/IEC 17025:2008, menggariskan pokok-pokok pengelolaan untuk mencapai tujuan diatas. Namun demikian secara detail diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk menterjemahkannya dalam kegiatan operasional. Hal-hal strategis dan praktis  yang perlu dipahami diantaranya adalah masalah kepemimpinan, pembinaan tenaga laboratorium, pemanfaatan dan pemeliharaan peralatan, pengelolaan sumber informasi, kendali mutu hasil analisis, keselamatan dan kesehatan kerja serta sistem administrasi dan laporan. Selain itu akan di berikan juga pengalaman dan cara mengkomersialkan laboran analisa kimia.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan kepala laboratorium atau mempersiapkan calon kepala laboratorium, RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan pelatihan “Manajemen Laboratorium Analisa Kimia”. Pelatihan terbuka untuk industri, lembaga litbang, instansi pemerintah/swasta dan perguruan tinggi. Kursus ini amat penting bagi kepala laboratorium atau staf yang diprogramkan untuk menjadi pimpinan laboratorium.

 

TUJUAN

Pelatihan bertujuan untuk memberikan bekal ilmu bagi peserta agar dapat mengelola laboratorium dengan efektif, efisien dan aman. Setelah selesai pelatihan diharapkan para peserta :

 

 

MATERI PELATIHAN

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah kepala laboratorium atau staf yang dipersiapkan sebagai kepala laboratorium.