Validasi/Verifikasi Metoda dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran pada Analisis COD

Pendahuluan

Peran Laboratorium cukup besar dalam  Era Globalisasi/perdagangan bebas. Pemerintah  terus melakukan perbinaan ke setiap laboratorium di Indonesia diantaranya dengan penerapan ISO 17025 – Tahun 2000 sampai ISO Guide 17025  tahun 2008, Maka dalam rangka pembinaan langsung kepada pelaku management laboratorium pengujian kimia, kami dari RC Chem Learning Centre akan menyelenggarakan Pelatihan dengan judul “VALIDASI/VERIFIKASI DAN ESTIMASI KETIDAK PASTIAN PENGUKURAN PADA ANALISIS COD (Chemical  Oxigent   Demand ) ”

Pelaksanaan kursus ini sebagai implementasi dari  SNI-17025 Tahun 2008 pada klausul 5.4.6 yaitu Estimasi Ketidakpastian Pengukuiran, 5.4.6.1 Laboratorium Pengujian Harus mempunyai dan menerapkan prosedur untuk mengestimasi ketidak pastian pengukuran.

Pada kursus ini disampaikan bagaimana langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk menentukan estimasi ketidakpastian pengukuran pada analisis COD  yang dilakukan. Pada kursus ini juga disampaikan langkah-langkah yang dikerjakan dalam rangka  verifikasi analisis COD terhadap prosedur yang dipakai referensi.

 

Tujuan

Diharapkan dengan mengikuti kursus ini praktisi laboratoroium dapat mempraktekkan secara langsung, bagaimana pelaksanaan verifikasi analisis COD dan menghitung estimasi ketidakpastian pengukuran pada analisis COD.

 

Materi Kursus.

Materi yang disampaikan dalam kursus “Validasi/Verifikasi dan menghitung Estimasi Ketidakpastian pada Analisi COD” disampaikan  diruang kelas  dan  praktek dilaboratorium  dengan materi  sebagai berikut :


A. Teori di ruang kelas

 

B. Praktikum  :

 

Peserta Kursus

Penyelengaraan kursus “Validasi/verifikasi dan Estimasi Ketidakpastian Analisis Gan Emisis dari sumber tidak bergerak”, yang berlatar belakang minimal SLTA  seperti bagi :