Validasi/Verifikasi Metoda dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran pada Analisis BOD

PENDAHULUAN

Parameter BOD adalah parameter kunci untuk kualitas air limbah. Data analisis yang baik dan benar hanya dihasilkan dari analisis yang menggunakan metode standar (baik standar nasional atau internasional) dan metode yang tervalidasi menurut ketentuan SNI 17025:2008, ( klosul 5.4.5.2 Laboratorium harus memvalidasi metoda …) memiliki ketertelusuran (traceability) ke standar nasional atau CRM (Certified Reference Materials), serta dilengkapi dengan nilai ketidakpastian pengukurannya.

Konsep ketidakpastian pengukuran dan penerapannya di bidang pengujian merupakan hal yang baru baik di tingkat internasional, apalagi secara nasional. Dalam rangka akreditasi laboratorium, ketentuan mengenai ketidakpastian pengukuran juga tercantum sebagai salah satu persyaratan dalam SNI 17025:2008. (Klosul 5.4.6.2 Laboratorium Pengujian harus mempunyai dan menerapkan prosedur untuk mengestimasi ketidakpastian pengukuran ….)

Untuk membantu kesiapan laboratorium pengujian atau lingkungan dalam melakukan estimasi ketidakpastian pada analisis BOD, RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan pelatihan laboratorium “Validasi/Verifikasi Metoda dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran pada Analisis BOD” dengan maksud mengkomunikasikan prinsip dan cara untuk mengestimasi ketidakpastian pengukuran dalam pengujian BOD.

 

Pelatihan  ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang bergerak dalam usaha jasa analisis kimia lingkungan dalam menjamin ketepatan dan ketelitian data analisisnya.

 

TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan menyeluruh, baik yang meliputi dasar, prinsip dan cara untuk mengestimasi ketidakpastian, sehingga peserta kursus dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan laboratorium dalam rangka untuk menjamin mutu data pengujian BOD sampai diharapkan dapat membuat IK (instruksi Kerja) untuk Validasi/Verifikasi dan menghitung estimasi ketidakpastian pengukuran analisa BOD.

 

MATERI PELATIHAN

Pelatihan  terdiri atas kuliah dan latihan dalam melakukan perhitungan pada estimasi ketidakpastian dikelas dan praktikum analisa BOD di Laboratorium, khusus untuk metoda pengujian BOD. Untuk keperluan latihan disarankan peserta membawa laptop/notebook dan data BOD yang di hasilkan laboratoriumnya masing-masing sebagai contoh kasus yang akan dihitung estimasi ketidakpastiannya selain dari hasil praktikum yang dilaksanakan.

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah personil penguji, teknisi dan analis, para penyelia serta manajer teknis laboratorium pengujian atau lingkungan yang cukup berpengalaman dalam bidang pengujian kimia. Ijazah/latar belakang pendidikan minimal adalah sekolah menengah kejuruan yang relevan dan sarjana.