Aplikasi Teknik PCR pada Sektor Keamanan Pangan & Deteksi Produk Non Halal

PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan dalam bidang analisis dan tuntutan jaminan mutu hasil analisis, semakin diperlukan dukungan peralatan yang  handal dan bermutu. Kelengkapan peralatan untuk memperlancar kegiatan analisis suatu laboratorium pengujian tidak dapat dipungkiri lagi. Kromatografi gas (GC) merupakan salah satu contoh nyata peralatan yang cukup populer dimanfaatkan di berbagai industri dimana ketangguhan dan kepraktisannya untuk analisis gas hingga kini belum ada tandingannya.

Awal mulanya memang alat GC tersebut  dirancang hanya untuk analisis gas, tetapi dengan perkembangan teknologi, maka GC juga dapat diaplikasikan dalam analisis bahan cair dan padat dengan syarat mudah menguap atau dibentuk menjadi mudah menguap. Namun demikian kekuatan dan keunggulan teknik analisis GC sebagaimana kromatografi pada umumnya amat tergantung pada ketersediaan senyawa standar. Pengalaman menunjukan tidak jarang analisis menjadi terhambat bahkan terhenti karena sulitnya memperoleh standar yang sesuai.

Kini peralatan GC semakin berkembang pesat sejalan dengan kemajuaan dalam teknologi kolom dan detektor sehingga kendala diatas lambat laun dapat teratasi dengan munculnya alat gabungan GC dengan mass spektrometer secara on-line melalui teknologi interfacing yang dikenal dengan GC-MS. Bahkan kecanggihan peralatan generasi baru ini mampu meningkatkan kehandalan dan sensitivitas analisis sehingga jangkauan aplikasinya juga makin meluas ke berbagai bidang dan jenis analisis.

Fakta menunjukan bahwa peralatan GC baik yang sederhana maupun yang canggih seperti GC-MS dengan dilengkapi sistem komputer telah banyak dimiliki laboratorium pengujian dan proses yang dikelola oleh industri maupun instansi pemerintah. Sayang sekali investasi peralatan yang sedemikian besar sering tidak memberikan hasil yang memadai karena tidak sedikt pula peralatan GC dan atau GC-MS yang unjuk kerjanya kurang optimal atau tidak berfungsi dengan baik bahkan rusak karena kurangnya perawatan dan pemeliharaan.

Untuk membantu industri, laboratorium jasa, lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu personel dalam melakukan troubleshooting dan maintenance GC dan GC-MS, RCChem Learning Centre akan mengadakan Pelatihan Laboratorium “Teknik Analisis dan Aplikasi GC-MS“. Pelatihan  tersebut terbuka bagi tenaga-tenaga staf dan operasional laboratorium yang berkecimpung dalam bidang analisis kimia.

 

TUJUAN

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam teknik analisis GCMS dan aplikasinya baik pengetahuan dasar GCMS dan keterampilan dalam mendukung unjuk kerja pemakaian peralatan yang optimal.

 

Dengan mendapatkan materi pelatihan ini diharapkan peserta dapat :

1.  Mempunyai pengetahuan dasar mengenai prinsip teknik analisis GC dan GC-MS dan peralatan.

2.  Memahami fungsi dan sifat karakteristik komponen-komponen alat GC dan GC-MS.

3.  Memahami cara merawat dan memelihara alat  GC dan GC-MS agar tetap awet dan mampu menghasilkan data yang akurat dan handal.

4.  Mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam menguji unjuk kerja/kalibrasi peralatan GC dan GC-MS.

5.  Mengetahui kelebihan dan keterbatasan serta cara memperoleh data yang handal dari teknik GC dan GC-MS.

6.  Memahami Jaminan mutu hasil pengujian.

 

 

MATERI PRAKTIKUM

1.  Demo Pemeliharaan dan Troubleshooting GC dan GC-MS (Praktisi).

2.  Percobaan Van Deemter dan Perawatan GC / GC-MS.

3.  Kalibrasi / Verifikasi GC dan GC-MS.

4.  Penentuan Selektivitas dan Faktor kapasitas dengan GC.

5.  Troubeshooting GC dan GC-MS .

 

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah para npenyelia dan teknisi pengujian yang berpendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Kimia (Analis dan STM Kimia)