Validasi/Verifikasi Metoda pada Analisis Kromatografi Gas (GC)

PENDAHULUAN

Kromatografi adalah suatu teknik analisis yang mencakup metoda pemisahan dan metoda penentuan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Bentuk analisis lengkap ini merupakan keunggulan utama dari kromatografi. Terdapat dua klasifikasi besar dalam kromatografi yaitu kromatografi gas dimana fasa gerak adalah gas dan kromatografi cairan yang mempunyai fase gerak berbentuk cairan.

Pada awalnya kromatografi gas hanya digunakan dalam analisis gas, tetapi dengan kemajuan teknologi, kromatografi gas dapat digunakan untuk analisis bahan cair dan padat dengan syarat bahwa bahan yang akan dianalisis mudah menguap atau bisa diderivatisasi terlebih dahulu menjadi bahan yang mudah menguap.

Awal perkembangan kromatografi gas (GC) difokuskan pada kolomnya, yaitu isi kolom (fasa diam) dan ukuran kolom, sehingga lahirlah kolom kapiler GC. Perkembangan selanjutnya yaitu penggabungan dari GC kolom kapiler dengan berbagai jenis detektor yang spesifik, salah satunya adalah penggabungan dengan spektrometri massa, yang dikenal sebagai GC-MS. Dengan memanfaatkan spektrometer massa sebagai detektor, identifikasi kualitatif menjadi lebih akurat karena melalui detektor ini dapat dihasilkan spektrum massa dari puncak kromatogram yang dipakai untuk keperluan konfirmasi puncak.

Dalam usaha untuk menuju laboratorium yang kompeten sesuai standar ISO/IEC 17025:2005 dan membantu mereka yang berkecimpung dibidang analisis kimia dalam memahami dan menerapkan teknik kromatografi ini, maka RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan pelatihan Validasi/Verifikasi Metoda Pada Kromatografi Gas (GC). Pelatihan terbuka bagi Industri, Laboratorium Jasa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan serta Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan  bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam analisis kromatografi gas serta validasi metodanya, meliputi baik pengetahuan dasar, keterampilan dalam penggunaan peralatan dan aplikasinya, serta pemeliharaan peralatan. Dengan mendapatkan materi pelatihan ini diharapkan peserta dapat :


MATERI KULIAH

 

MATERI PRAKTIKUM

Dalam praktikum diberikan pula prinsip dasar penggunaan peralatan serta aplikasi. hasil percobaan dan perhitungan ditulis dan dibahas pada lembaran yang telah di sediakan sebagai laporan.

 

PESERTA

Peserta adalah para staf dan teknisi bidang kimia atau bidang terkait serta berpengalaman dalam menangani peralatan instrumental analisis terutama kromatografi. Ijazah minimal adalah sekolah Menengah Atas yang relevan dan terbuka bagi para sarjana. Pengalaman training  dalam Teknik Dasar Analisis dan Teknik Analisis Instrumental akan sangat menunjang.