Estimasi Ketidakpastian Pengukuran Pada Analisis Udara Ambient

 


Meningkatnya peran Laboratorium dalam  Era Globalisasi/ perdagangan bebas, mendorong laboratorium menerapkan secara konsisten standard Kompetensi Laboratorium Pengujian & Kalibrasi ISO/IEC 17025 : 17025 atau yang diadopsi menjadi SNI ISO/IEC 17025 : 2008. Pada salah satu pasal SNI ISO/IEC 17025 : 2008, yaitu pasal  5.4.6.1 dipersyaratkan, Laboratorium Pengujian Harus mempunyai dan menerapkan prosedur untuk mengestimasi ketidak pastian pengukuran.   Untuk membantu laboratorium dalam menerapkan klausal tersebut, RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan Pelatihan dengan judul “ESTIMASI KETIDAK PASTIAN PENGUKURAN PADA ANALISIS UDARA AMBIEN”.

Keabsahan hasil pengukuran analisis udara ambien, sangat didukung oleh nilai ketidakpastian hasil pengujian yang telah dilakukan dalam suatu kajian atau validasi/klarifikasi dari metoda pengujian parameter udara  ambien seperti parameter SO2, NO2 dan Ozon. Pada pelatihan ini dipaparkan langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk menentukan estimasi ketidakpastian pengukuran pada analisis udara ambien untuk beberapa parameter udara  ambien seperti parameter SO2, NO2 dan Ozon dengan metoda spektrofotomerter.


Dengan mengikuti pelatihan diharapkan peserta memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dalam menghitung nilai estimasi ketidakpastian pengukuran pada analisis udara ambien untuk beberapa parameter udara  ambien seperti untuk parameter SO2, NO2 dan Ozon dengan metoda spektrofotomerter.


Materi yang disampaikan dalam pelatihan “ESTIMASI KETIDAK PASTIAN PENGUKURAN PADA ANALISIS UDARA AMBIEN” ini terdiri dari  kuliah berupa teori dan latihan perhitungan pada estimasi ketidakpastian analisis parameter udara SO2, NO2 dan Ozon (O3)

Teori di ruang kelas :

1. Tinjauan Umum (Validasi dan Estimasi Ketidakpastian Pengujian Kimia).

2. Validasi Metoda Pengujian parameter SO2, NO2 dan Ozon dari udara ambien.

3. Estimasi Ketidakpastian pada Titrasi Ketidakpastian Pengukuran Parameter Udara Ambien dengan spektrofotometer.

4. Estimasi Ketidakpastian pada Spektrofotometer.

5. Estimasi Ketidakpastian pada penentuan para meter SO2, NO2 dan Ozon (O3).

6. Latihan Perhitungan Estimasi Ketidakpastian pada penentuan para meter SO2, NO2 dan Ozon (O3).


Pelatihan ini diperuntukan  bagi  praktisi laboratorium, pengelola laboratorium  yang berlatar belakang pendidikan Analis kimia sebagai :

· Manager Teknis/Deputy Laboratorium Pengujian.

· Manager Mutu /Deputy Laboratorium Pengujian.

· Praktisi Laboratorium (Penyelia, Pengkalibrasi internal, Pemelihara Sarana dan Prasarana Laboratorium).