Teknik Pengujian Kimia dengan Kromatografi Cairan Kinerja Tinggi (HPLC) Berbasis Kompetensi Level 2

PENDAHULUAN

Kromatografi adalah suatu analisis yang mencakup metoda pemisahan dan penentuan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Bentuk analisis lengkap ini merupakan keunggulan utama dari kromatografi. Teknik analisis yang berawal dari pemisahan sederhana zat hijau daun pada kolom kalsium karbonat (Kromatografi Tsweet) kini telah berkembang sangat pesat. Berdasarkan jenis fasa gerak yang digunakan, ada dua klasifikasi besar dalam kromatografi yaitu kromatografi gas dan kromatografi cairan. Pada kromatografi gas, fasa geraknya berupa gas sedangkan pada kromatografi cairan, fasa geraknya berbentuk cairan.

Pada kromatografi gas terdapat persyaratan bahwa campuran komponen yang akan dipisahkan harus berupa uap atau dapat diuapkan pada temperatur operasi kolom. Pemisahan campuran komponen yang sukar menguap yang tidak mungkin dilakukan pada kromatografi gas harus dilaksanakan pada kromatografi cairan.

Kolom Tsweet, mempunyai kelemahan karena waktu analisis relatif lambat. Pada kolom konvensional Tsweet, fasa gerak dibiarkan mengalir berdasarkan gaya gravitasi bumi. Untuk mempersingkat waktu analisis, usaha perbaikan yang dibuat adalah memperbesar kecepatan aliran fasa gerak dalam kolom dengan bantuan suatu pompa. Cara inilah yang kemudian dikenal sebagai HPLC atau Kromatografi Cairan Kinerja Tingkat Tinggi (KCKT).

Banyak usaha dilakukan oleh para peneliti untuk mengembangkan KCKT diantaranya perkembangan fasa terikat baik yang bersifat polar maupun tak polar, menggunakan kolom mikro, detektor spektrodiodearray, LC-MS. Perkembangan KCKT ini seyogyanya dimanfaatkan secara optimal di laboratorium analisis di Indonesia.

Untuk membantu industri, laboratorium jasa, lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu personel hingga mencapai kompetensi yang diakui, RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan laboratorium “Teknik Analisis Kromatografi Cairan Kinerja Tinggi (HPLC) Berbasis Kompetensi Level II Untuk Menunjang Akreditasi Laboratorium”. Pelatihan terbuka bagi tenaga-tenaga staf dan operasional laboratorium yang berkecimpung dalam bidang analisis kimia.

 

TUJUAN

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam teknik analisis kromatografi cairan, baik pengetahuan dasar maupun keterampilan dalam penggunaan peralatan, verifikasi serta aplikasinya.

Dengan mendapatkan materi kursus ini diharapkan peserta dapat :

 

MATERI KULIAH

 

MATERI PRAKTIKUM

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah para penyelia dan teknisi pengujian yang berpendidikan D3 Kimia dan Sekolah Menengah Kejuruan Kimia (Analis dan STM Kimia).