Pengecekan Status Kalibrasi dan Verifikasi Peralatan dalam Laboratorium Pengujian

PENDAHULUAN


Laboratorium pengujian dituntut untuk mampu menghasilkan data pengujian yang akurat dan absah. Ini akan dapat dicapai apabila laboratorium ditunjang oleh personel yang kompeten dan peralatan yang handal, artinya semua peralatan yang digunakan dalam pengujian baik gelas maupun instrumen harus mempunyai unjuk kerja yang memenuhi persyaratan, terkalibrasi, dan terpelihara dengan baik.

 

Kalibrasi peralatan menjadi salah satu faktor utama yang mau tidak mau harus dilakukan untuk menjamin ketertelusuran hasil pengujian ke sistem SI (Satuan Internasional). Oleh karena itu, laboratorium harus mempunyai program dan prosedur yang tetap untuk kalibrasi peralatannya. Selain program kalibrasi, merupakan tanggung jawab laboratorium untuk melakukan pengecekan antara dan memastikan status kalibrasi peralatan dan standar acuan. Selain itu peralatan pengujian canggih seperti spektrofotometer AAS, UV-Vis, FTIR, NMR, ICP, X-ray, GC, GCMS, LCMS pun harus diverifikasi untuk memastikan unjuk kerjanya. Semua ini tentu harus dilakukan oleh laboratorium secara terencana dan terprogram dengan baik untuk memastikan efektifitasnya dalam menunjang kualitas hasil pengujian laboratorium secara keseluruhan.

 

Pada kenyataannya tidak sedikit laboratorium yang belum mampu membuat dan melaksanakan program tersebut dengan baik, karena lemahnya dukungan personel pengelola maupun operatornya sendiri. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan keterampilan untuk membantu dalam mempersiapkan personel pengelola dan operator peralatan sehingga mampu merancang, menyusun program dan melaksanakan kalibrasi terutama kalibrasi internal.

 

 

TUJUAN PELATIHAN

Mempersiapkan personel pengelola dan operator instrumen analisis kimia agar memiliki pengetahuan serta mampu merancang, menyusun program dan melaksanakan pengecekan antara dan verifikasi peralatan sesuai kebutuhan laboratorium.

 

 

 

MATERI PELATIHAN

 

 

MATERI PRAKTIKUM

 

 

PESERTA PELATIHAN

Personil penguji, analis laboratorium, penyelia dan manajer teknis laboratorium.