Pengolahan Air Limbah Industri Secara Biologis

PENDAHULUAN


Kegiatan suatu industri, baik industri kimia, sandang, pangan, farmasi dan lain-lain, sudah pasti mengeluarkan air limbah sebagai sisa proses produksi atau hasil pencucian dari bahan baku, peralatan dan lain-lain. Keberadaan air limbah industri sangat sensisitif terhadap dampak lingkungan karena masyarakat saat ini sudah banyak mengetahui tentang pentingnya pemeliharaan lingkungan dan kelestarian air sebagai salah satu kebutuhan  kehidupan.  Air limbah industri dan air limbah lainnya yang akan dibuang ke lingkungan harus sudah memenuhi baku mutu yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

Untuk memenuhi hal tersebut di atas, berbagai teknologi untuk mengolah air limbah industri sudah banyak diperkenalkan dan diterapkan baik metoda Fisika, kimia dan Biologi.

Pengolahan air limbah industri dengan metoda biologi mulai banyak digunakan sebagai metoda proses yang dapat diandalkan karena memiliki biaya proses yang cukup rendah dengan nilai efektifitas yang tinggi.

Untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan tentang pengolahan Air Limbah Industri dengan metoda Biologi bagi SDM yang terlibat dalam pengelolaan lingkungan, RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan pelatihan “Pengolahan air Limbah Industri Metoda Biologi.

 

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat

 

MATERI PELATIHAN

Materi pelatihan “PENGOLAHAN AIR LIMBAH INDUSTRI METODA BIOLOGI” ini disampaikan  melalui perkuliahan di ruang kelas dan praktek di laboratorium. Sebagai studi banding juga akan diadakan kunjungan lapangan ke industri yang melaksanakan pengolahan air limbah metoda Biologi.

 

A. Teori di ruang kelas


B. Praktikum di Laboratorium

 

PESERTA PELATIHAN

Pelatihan  “PENGOLAHAN AIR LIMBAH INDUSTRI METODA  BIOLOGI” diperuntukan  bagi  praktisi lingkungan,  yang berlatar belakang minimal SLTA, al.: