Pelatihan Tiga Hari : Pemeliharaan dan Troubleshooting HPLC

Latar Belakang

Dalam aplikasi HPLC diperlukan pemahaman berbagai aspek analisa, termasuk kedalamnya adalah memahami karakteristik konfigurasi instrumen HPLC yang digunakan, memilih kolom yang tepat, menggunakan pelarut dan eluen yang baik dan mengaplikasi sampel yang sesuai.

Diperlukan pengetahuan dan pemahaman cukup untuk dapat mengoperasikan perangkat analisa canggih, seperti HPLC hingga dapat menghasilkan data analisa yang berkualitas, cepat dan teruji. Apalagi perangkat analisa HPLC begitu vital dan berperanan penting karena digunakan luas dalam pengujian dan kendali mutu bagi berbagai industri penting; pangan, pakan, obat-obatan dan lain-lain.

Konfigurasi HPLC begitu bervariasi, dibedakan berdasarakan konfigurasi dan kapasitas pompa, jenis detektor, kolom dan lain-lain. Bahkan dikenal pula beberapa turunan dari HPLC yang berkembang dalam jalur sendiri, seperti asam amino analyzer, kromatografi ion dan lain-lain. Diperlukan informasi cukup untuk dapat memilih konfigurasi HPLC yang tepat sesuai dengan kebutuhan aplikasi sampel.

Konfigurasi HPLC begitu kompleks dan diperlukan pengenalan titik-titik masalah (troubleshooting/point) untuk dapat menjaga kelangsungan operasi peralatan. Diperlukan penangan dan tindakan tepat untuk dapat mengatasi masalah dengan tepat hingga hasil analisa dapat terjaga baik. Bahkan diperlukan pemahaman usia pakai suku cadang tertentu, mempersiapkannya (stock) dan menyusun jadwal perawatan serta rencana penggantiannya.

Tindakan-tindakan antisipasi dalam pemeliharan (preventive maintenance) harus dilakukan pada berbagai lini dan dengan pengetahuan cukup. Sejak awal instrumen dijalanakan, mengenali performa instrumen dari output analisa (kromatogram) sampai penggantian metoda dan kolom yang memerlukan tindakan dan cara yang tepat.

 

Tujuan

Pelatihan ini akan memberikan gambaran rinci pada aspek desain dan konstruksi peralatan HPLC, hingga pelaksana analisa dan operator laboratorium memiliki pemahaman cukup pada berbagai bagian instrumen. Dapat mengatasi masalah-masalah rutin, mengerjakan perawatan ringan dan mengkomunikasikan masalah dengan baik pada tekhnisi vendor bila diperlukan untuk perbaikan dan perawan berat.

 

Peserta

Pelatihan ini lebih ditujukan pada operator/analis yang menggunakan langsung peralatan HPLC. Mulai dari level manager laboratorium untuk dapat melalukan respon cepat dari masalah-masalah yang dapat terjadi pada peralatan, sampai analis yang diharapkan dapat mengerjakan perawatan instrumen HPLC.

 

Materi Pelatihan