Teknik Pengukuran Senyawa Pestisida dengan GC-LC/MS

PENDAHULUAN
Residu pestisida merupakan zat tertentu yang terkandung dalam hasil pertanian baik sebagai akibat lansung maupun tidak lansung dari penggunaan pestisida untuk mengendalikan hama. Apabila residu pestisida dalam sayuran, buah-buahan atau lingkungan terdapat dalam jumlah yang berlebihan dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan. Disamping itu residu pestisida yang berlebihan dalam sayuran/buah-buahan dapat menghambat usaha pengembangan ekspor komoditi sayuran/buah-buahan dan hasil olahannya ke luar negeri. Negara-negara pengimport akan menolak bahan makanan yang  mengandung residu pestisida lebih tinggi dari pada batas yang telah ditentukan. Karena umumnya kadar residu pestisida dalam tanaman atau bahan makanan relatif kecil (orde ppm bahkan ppb), maka untuk dapat mendeteksinya diperlukan  perlakuan pengerjaan contoh yang khusus dan metode  pengukuran dengan kepekaan dan ketelitian yang tinggi.
Analisa pestisida tergolong sangat kompleks, meliputi beberapa langkah pengerjaan antara lain proses ekstraksi residu pestisida dari matriksnya, proses clean-up untuk  mengeliminasi kontaminan dan mengelompokkan senyawa pestisida tertentu ke dalam beberapa fraksi elusi yang berbeda, proses pengukuran kandungan residu menggunakan beberapa teknik instrumental dan interprestasi data hasil analisa. Rumitnya analisa multi residu pestisida ini dan sifat-sifat dari pestisida ada sebagian yang mudah menguap dan ada yang tidak mudah menguap maka metode pengukuran yang banyak digunakan saat sekarang adalah metoda kromatografi baik kromatografi gas maupun kromatografi cairan yang ditendem dengan mass spektrometry  yang dapat menganalisis senyawa pestisida dengan sensitifias dan selektifitas yang baik.
Untuk membantu industri, laboratorium jasa, lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu  analisis residu pestisida, RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan pelatihan “Teknik  Pengukuran Senyawa  Pestisida dengan GC-LCMS”

 

TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan  ini memberikan penjelasan analisis residu pestisida menggunakan teknik kromatografi baik kromatografi gas maupun kromatografi caiaran dengan mass spectrometry sesuai dengan sifat  dari senyawa residu pestisida.

 


MATERI PELATIHAN
•    Tinjaua umum teknik pengukuran senyawa pestisida   
•    Pestisida dan jenis-jenis pestisida
•    Teknik preparasi senyawa pestisida
•    Metode preparasi quechers dalam analisis residu pastisida
•    Teknik GCMS untuk pengukuran senyawa pestisida
•    Teknik LCMSMS untuk pengukuran senyawa pestisida


PESERTA PELATIHAN
Peserta pelatihan ini adalah para staf dan teknisi di laboratorium pengujian  residu pestisida baik yang telah melakukan pengujian ataupun yang akan mengembangkan metode pengujian residu pestisida dengan teknik  kromatografi yang digabung dengan mass spectrometry.