Pemantapan Internal Laboratorium Klinik

PENDAHULUAN
Tenaga medis tidak bisa bergantung pada gejala klinis saja dalam menentukan tatalaksana suatu penyakit. Laboratorium klinik adalah bagian penting dalam penanganan penyakit pasien. Diagnosis, tatalaksana, monitoring, deteksi dini, dan surveilans penyakit adalah beberapa fungsi penting laboratorium klinik.
Jika fungsi-fungsi penting laboratorium klinik tidak terpenuhi dengan baik, maka ada banyak kerugian yang bisa ditimbulkan. Mulai dari tidak tepatnya diagnosis dan tatalaksana yang berujung pada peluang morbiditas dan mortalitas yang tinggi; banyaknya dana terbuang karena hasil yang tidak reliable; hingga kerugian personal yang dialami oleh keluarga pasien dan masyarakat karena penyakit yang tidak teratasi.
Untuk membantu laboratorium klinik dalam menyiapkan diri dan menjawab tantangan-tantangan yang ada maka RCChem Learning Centre akan mengadakan pelatihan “Pemantapan Internal Laboratorium Klinik”. Pelatihan ini terbuka bagi laboratorium klinik pemerintah, swasta, dan laboratorium klinik yang berada di Rumah Sakit.

TUJUAN
Memperkuat laboratorium klinik :



MATERI


PESERTA PELATIHAN
Pengelola laboratorium, manajer puncak, manajer mutu, manajer teknis, analis laboratorium dan teknisi lapangan.