Teknik Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu Laboratorium Berdasarkan ISO / IEC 17025:2017

PENDAHULUAN

Dalam rangka peningkatan sistem organisasi serta untuk menanggapi kebutuhan para stakeholder akan hasil pengujian yang berkualitas, maka banyak laboratorium mengarahkan sistemnya pada sistem manajemen laboratorium berbasis standar internasional ISO/IEC 17025:2005 untuk menjadi pedoman operasional bagi segenap elemen laboratorium dalam menjalankan kegiatannya.

Perencanaan sistem manajemen hendaknya melibatkan peran aktif personel-personel kunci laboratorium dan kemudian dituangkan secara tertulis dalam suatu dokumen. Dokumen sistem manajemen perlu disusun secara sistematis agar dapat menterjemahkan dengan baik kehendak (kebijakan) manajemen puncak ke dalam prosedur-prosedur operasional untuk diimplementasikan. Demikian juga harus dirancang sarana yang sesuai untuk memfasilitasi kebutuhan untuk merekam hasil penerapan prosedur-prosedur tersebut, karena rekaman adalah bukti terkuat bahwa prosedur telah diterapkan, dan sistem telah berjalan.

Di dalam pelatihan ini akan dibahas teknik penyusunan dokumen sistem manajemen laboratorium

 

TUJUAN

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam teknik menyusun dokumen sistem manajemen laboratorium berbasis SNI ISO/IEC 17025:2008

 

MATERI

 

PESERTA PELATIHAN

Pelatihan ditujukan untuk para manajer laboratorium, deputi manajer mutu, atau staf mutu

 

SYARAT

Peserta disarankan untuk membawa laptop dan draft dokumen sistem manajemen yang mungkin sudah dimiliki