Perencanaan Laboratorium dan Pemilihan Peralatan analisa Instrument

PENDAHULUAN

Banyak laboratorium di Indonesia yang telah dilengkapi dengan peralatan modern, misalnya laboratorium kimia yang memiliki instrumentasi analisis spektroskopi, elektrokimia dan kromatografi. Namun banyak pula diantara laboratorium tersebut yang kurang atau tidak efisien dalam penggunaan alat baik untuk jasa analisa, penelitian atau pendidikan. Beberapa penyebabnya adalah perencanaan dalam pemilihan peralatan yang tidak sesuai, pemeliharaan yang kurang baik dan langkanya tenaga ahli atau nara sumber. Akibatnya banyak peralatan yang kurang dimanfaatkan, idle atau bahkan rusak. Hal ini sangat disayangkan mengingat besar kemungkinan dana yang dipakai untuk membeli peralatan tersebut berasal dari sumber keuangan negara atau daerah,  pinjaman atau bantuan luar negeri.

Untuk membantu industri, laboratorium jasa, lembaga penelitian, instansi pemerintahan pusat atau daerah dan perguruan tinggi yang akan membangun dan mengembangkan laboratorium, RCChem Learning Centre  akan menyelenggarakan pelatihan : “Perancangan dan Pemilihan Peralatan Laboratorium”.


TUJUAN

Pelatihan  bertujuan memberikan ilmu dan pengalaman dalam merancang laboratorium dan pemilihan peralatan analisis sesuai dengan fungsinya.

 

MATERI PELATIHAN

Materi pelatihan meliputi:

 

Kepada peserta pelatihan akan diberikan pula kesempatan untuk mengetahui perkembangan peralatan analisis yang muktahir dan berkomunikasi langsung dengan supplier peralatan.

 

PESERTA PELATIHAN

Manajer atau staf yang akan dipromosikan atau yang akan diberi tugas untuk mendirikan atau mengembangkan laboratorium. Berpendidikan sarjana atau analisis yang telah berpengalaman.