Pemahaman SNI ISO/IEC 17065:2012 “Penilaian Kesesuaian Persyaratan untuk lembaga Sertifikasi Produk, Proses dan Jasa”

Pendahuluan

SNI ISO IEC 17065 :2012 adalah menetapkan persyaratan yang harus diikuti untuk menjamin lembaga sertifikasi  melaksanakan sistem sertifikasi pihak ketiga secara konsisten. Standar ini  digunakan sebagai acuan bagi badan akreditasi dalam mempersyaratkan pengoperasia lembaga sertifikasi produk, proses dan jasa.  Keberadaan lembaga sertifikasi produk yang berfungsi sebagai lembaga yang mampu memberikan penilaian yang objektif terhadap pelaku pasar yang menghasilkan produk tertentu sangat diperlukan dalam rangka pemenuhan salah satu persyaratan kesesuaian dalam pasar global. Lembaga sertifikasi produk ini diakreditasi dengan menggunakan pedoman internasional yang berisi kriteria persyaratan yang harus dipenuhi oleh lembaga yang melaksanakan sistem sertifikasi produk.

Keberadaan lembaga sertifikasi produk sangat dibutuhkan oleh dunia usaha dan konsumen karena berfungsi sebagai penghubung bagi keduanya untuk membuktikan kesesuaian mutu produk secara berkesinambungan. Sertifikasi produk dberikan kepada  industri  melalui pemberian ijin penggunaan tanda SNI pada produk dan kemasannya. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing produk adalah dengan mempromosikan kelebihan dan mutu produk yang ditawarkan. Mutu produk dapat diketahui oleh konsumen, salah satunya dengan pencantuman label Standar Nasional Indnesia (SNI) pada kemasannya. Produk yang kemasannya memiliki Label SNI menunjukkan bahwa poduk tersebut telah memenuhi persyaratan SNI, yang merupakan standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN)

 

Tujuan  Pelatihan

Untuk mengetahui  Sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dan mendukung penerapan SNI ISO/IEC 17065:2012 di lembaga sertifikasi produk, proses dan jasa berdasarkan standar dan regulasi terkait sertifikasi produk.

 

Materi  yang akan disampaikan :

 

Peserta Pelatihan

Manajer atau staf yang akan  ditugasi  untuk pendirian atau pengembangan lembaga sertifikasi produk. Berpendidikan sarjana, akademi atau sejajarnya baik yang sudah/belum berpengalaman dalam sistem mutu dan proses sertifikasi produk.