Teknik Kalibrasi Alat Ukur Dasar

PENDAHULUAN

Laboratorium kimia sebagai “data generator“ harus dapat memberikan jaminan mutu hasil pengujian. Jaminan mutu hasil pengujian merupakan persyaratan utama di dalam laboratorium yang terakreditas maupun laboratorium yang akan diakreditasi. Untuk menghindari kesalahan sistematis dalam pengukuran, setiap alat ukur laboratorium harus dikalibrasi. Kalibrasi dapat dilakukan oleh pihak luar (institusi jasa kalibrasi yang terakreditasi KAN) atau dilakukan secara internal oleh laboratorium itu sendiri. Alat ukur dasar di laboratorium meliputi neraca analitik, pipet seukuran, buret, dan labu takar. Untuk membantu laboratorium dalam mengkalibrasi peralatan ukur secara internal, RCChem Learning Centre, Bandung akan menyelenggarakan pelatihan ”TEKNIK KALIBRASI ALAT UKUR DASAR: Neraca, alat ukur gelas (buret, labu takar, dan pipet seukuran)”

Materi utama dari pelatihan adalah praktek kalibrasi, dan teori praktis pemahaman dari peralatan ukur yang digunakan. Pelatihan ini terbuka untuk teknisi laboratorium yang berasal dari laboratorium jasa, laboratorium pengujian, institusi swasta maupun lembaga-lembaga pemerintah, baik yang telah maupun belum terakreditasi.

 

 

TUJUAN

Pelatihan bertujuan untuk memberikan teknik melakukan kalibrasi peralatan ukur dasar, agar personil laboratorium dapat melakukan internal kalibrasi.

 

MATERI

Materi meliputi teori dan praktek, dengan komposisi waktu praktek lebih lama daripada teori.

 

PENGAJAR

Para pengajat telah berpengalaman dibidang pengujian di laboratorium, serta mempunyai kemampuan dalam menyampaikan pengetahuan dasar mengenai kalibrasi peralatan dasar laboratorium.