Pelatihan Tiga Hari : Pemeliharaan dan Troubleshooting ICP

Pendahuluan

ICP (Inductively Coupled Plasma) adalah metoda atomisasi , selanjutnya analisa didasarkan pada emisi yang dipancarkan oleh elemen yang teratomisasi dalam plasma. Selengkapnya metoda analisa ini disebut sebagai ICP-AES (Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectrometry). Sebelum penggunaan  ICP-AES sepopuler sekarang analisa AES dilakukan dengan instrumen AAS atau emission spectrometer, tapi tidak sepopuler AAS karena stability dan sensitivity yang buruk.

Metoda analisa AES tidak menggunakan sumber cahaya (lampu) yg sangat mahal. Biaya pembelian lampu katoda (HCL) pada AAS menghabiskan lebih dari separoh biaya operasi analisa. Analisa AES dengan ICP bahkan dapat melakukan analisa simultan untuk banyak elemen anorganik dalam waktu bersamaan. Inilah alasan yang membuat metoda analisa ICP-AES dengan teknologi terbaru begitu populer, sekurangnya unggul untuk biaya analisa, lebih cepat karena simultan, dan banyak keunggulan2 lainnya, seperti screening, off-line post-analysis, dll.

Namun demikian, untuk mendapatkan maksimal banyak keunggulan ICP-AES diperlukan pengetahuan teknologi, pengalaman operasional dan kemampuan maintenance dan troubleshooting yang memadai. Mulai dari mengenali dengan baik sampel dan matriks nya sampai pada konfigurasi instrumen dan perlengkapan yang cukup untuk menunjang operasional analisa.

Kecuali tidak menggunakan lampu/sumber-cahaya, keseluruhan konfigurasi ICP sangat mirip dengan AAS. Ada 3 bagian utama sebuah ICP-AES yang perlu menjadi perhatian dalam perawatan (maintenace), yaitu;  sample introduction system, plasma dan system optic. Setiap bagian tersebut perlu dikenali dengan baik teknologinya, konfigurasi juga aplikasinya untuk sample tertentu.

Pada pelatihan ini akan diperkenalkan dan diberikan pembahasan mendalam untuk berbagai sample matrix dan instrumen preparasi yg sesuai, mengenali berbagai teknologi ICP-AES dan mengenali dengan baik (troubleshooting) bagian penting instrumen dan masalahnya untuk dapat melakukan perawatan (maintenace) dengan baik, dapat dikerjakan sendiri atau bersama dengan tekhnisi vendor.

 

Sasaran dan Materi Pelatihan;

 

Peserta

Peserta diharapkan setingkat manager laboratorium, penyelia, operator instrumen dan pelaksana pengujian. Diharapkan memiliki latar belakang analis kimia sampai setingkat sarjana; pangan, farmasi atau teknologi dan berpengalaman melakukan analisa elemen dan bekerja dengan instrumen ICP-AES (Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectrometry) atau spektrometer lainnya