Metoda Analisis ICP & Teknik Preparasi Contoh

PENDAHULUAN

Metoda Analisa ICP-AES (Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectrometer) untuk elemen satu keluarga dengan metoda analisa spektrometri yang lain seperti Spektrometri UV-Visibel dan AAS (Atomic Absorption Spectrometer/Spektrometri Serapan Atom) sehingga preparasi sampel nya pun banyak kesamaan. Secara umum sampel dilarutkan dan dianalisa berdasarkan spektrum panjang gelombang. Dibandingkan dengan AAS dan Spektrometri UV-Vis, ICP relatif lebih mudah preparasi sampelnya dan lebih cepat sehingga kapsitas analisanya jauh lebih tinggi. Seringkali dituntut preparasi sampel untuk analisa ICP juga memiliki kapasitas yang lebih tinggi.

Selain lebih sederhana, beberapa keunggulan metoda analisa ICP dibandingkan dengan metoda analisa spektrometri yang lain adalah dapat melakukan analisa kuantitatif secara simultan untuk banyak elemen, screening (analisa semi-kualitatif), trayek analisa lebih lebar, lebih stabil, dll.

Sekarang tersedia banyak teknologi dan alat bantu preparasi sampel untuk meningkat kapasitas, secara offline maupun on-line (terintegrasi dan tersambung langsung ke instrumen analisa/ICP). Mulai dari sistem penangasan (digestion) yang sederhana sampai pada sistem clean-up dan pre-konsentrasi yang terintegrasi.

Pada pelatihan ini akan disajikan berbagai teknologi dan konfigurasi instrumen ICP. Demikian juga dengan metoda dan teknologi preparasi sampel. Bagi instansi yang sudah memiliki instrumen ICP dapat memaksimalkan peralatan yg tersedia dengan lebih leluasa (flexible) dengan banyak pilihan teknik preparasi sampel atau meningkatkan kapasitas pengujiannya dengan mengadaan peralatan preparasi sampel yang baru dengan teknologi dan konfigurasi yang lebih tepat. Demikian juga bagi instansi yang masih dalam tahap rencana, dapat melakukan perencanaan pengadan instrumen ICP dan perangkat preparasi sampel dengan lebih tepat dengan kapasitas yang sesuai dengan output dan aplikasi tertentu.

 

TUJUAN

Pelatihan ini ditujukan pada semua praktisi pengujian baik tingkat pelaksana (analis dan penyelia) begitupun untuk tingkat manajer karena dapat dijadikan acuan dalam menetukan pilihan metoda analisa dan preparasi sampel, teknologi instrumen dan konfigurasinya juga referensi/acuan yang diperlukan. Dengan demikian dapat menyusun rencana pengujian dengan lebih efektif dan efisien begitupun rencana penyusunan investasi dengan lebih tepat dan terarah.

Begitupun untuk lembaga riset dengan sampel2 yang sangat bervariasi. Pelatihan ini dapat juga diikuti oleh laboratorium indudstri pangan, farmasi dan laboratorium pelajayanan pengujian (Services Laboratory) dengan jumlah sampel dan parameter yang banyak juga memerlukan output pengujian yang cepat.

 

MATERI

Secara umum materi pelatihan akan terdiri dari Konsep Spektrometri, Teknologi dan Konfigurasi instrumen ICP. Demikian juga dengan bebagai teknik preparasi sampel larutan yang digunakan oleh sebagian besar praktisi pengujian elemen an-organik.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pemahaman :

 

1. Konsep dan teknologi instrumen Spektrometri

2. Konsep dan teknolgi instrumen ICP dan aplikasi

3.Berbagai teknik dan teknologi preparasi sampel (mengenal berbagai aplikasi, jenis sampel, aspek kimiawi, bahan kimia, dll)

4. Berbagai teknik preparasi larutan

  • Penangasan (digestion)
  • Ekstraksi
  • Pengabuan basah dan kering
  • Derivatisasi
  • Pre-konsentrasi
  • Clean-up

5. Mengenal lebih dalam perangakat Microwave

6.Mengenal teknologi preparasi Diffusion

7. Larutan standar dan kurva kalibrasi

 

PESERTA PELATIHAN

Peserta adalah para penyelia dan teknisi laboratorium penguji yang berpendidikan minimal sekolah menengah kejuruan kimia (Analisis atau STM Kimia)