Pelatihan Dua Hari : Kontrol Sampel Dan Kontrol Chart

PENDAHULUAN

Laboratorium pengujian dituntut untuk dapat memberikan data hasil pengujian/analisis yang andal. Data yang andal adalah data yang memenuhi kriteria kecermatan (precision) dan ketepatan (accuracy).

Untuk  membuktikan apakah data yang dihasilkan laboratorium cukup cermat atau tidak, dengan mudah dapat dilakukan dengan cara mengulang suatu analisis berulang kali. Data hasil pengujian yang cermat dapat dijustifikasi lewat nilai standard deviasi atau koefesien variansi dari kumpulan data hasil pengulangan suatu analisis.

Tidak demikian halnya dengan ketepatan data. Untuk dapat membuktikan bahwa data yang diperoleh tepat atau tidak, laboratorium harus mempunyai bahan acuan. Bahan acuan adalah suatu bahan yang satu atau lebih nilai kuantitatif komponen komponen yang dikandung-nya diketahui dengan pasti (berupa true value atau assigned value). Besar nilai tersebut dituangkan dalam bentuk sertifikat yang menyertai pembelian bahan acuan tersebut.

Harga dari bahan acuan sangat mahal, sehingga laboratorium tidak mungkin selalu menggunakan bahan acuan dalam operasinya sehari-hari dalam rangka membuktikan ketepatan datanya. Untuk menggantikan bahan acuan, dalam kesehariannya, laboratorium dapat menggunakan apa yang disebut kontrol sampel. Kontrol sampel dapat dipakai laboratorium dalam mengambil keputusan apakah data hasil analisis dari sampel yang dikirim pelanggan dapat dilaporkan (release data) atau harus diulang (reject data).

Untuk membantu mereka yang berkecimpung di laboratorium dalam membuat dan/atau menggunakan kontrol sampel dalam pengujian, maka RCChem Learning Centre-LIPI akan menyelenggarakan kursus jaminan mutu data hasil pengujian: kontrol sampel dan aplikasinya. Kursus ini terbuka bagi Industri, Laboratorium Jasa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan serta Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

Kursus bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami,  membuat dan/atau menggunakan kontrol sampel. Dengan mendapatkan materi kursus ini  diharapkan peserta dapat:

 

MATERI PELATIHAN

 

Peserta

Peserta adalah para staf dan teknisi bidang kimia pada laboratorium pengujian. Ijazah minimal adalah Sekolah Kejuruan Kimia Tingkat menengah Atas dan terbuka bagi para sarjana.