Teknik Analisis Mikrobiologi

Pendahuluan Teknik Analisis Mikrobiologi

Kebutuhan terhadap pengujian  dibidang mikrobiologi  akhir-akhir ini semakin banyak dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan kelengkapan pengujian lingkungan, pengawasan produk makanan-minuman  atau untuk pengawasan pengujian kualitas air bersih, air kolan atau  air minum. Untuk menunjang kinerja Laboratorium Mikrobiologi dan meningkatkan kompetensi analis tersebut dengan ini  RCChem Learning Centre  akan menyelenggarakan  pelatihan  “Teknik  Analisis  Mikrobiologi” .

Pada pelatihan  ini  akan  disampaikan  beberapa hal yang perlu dipahami oleh praktisi/analis   laboratorium Mikrobiologi  diantaranya  : Dasar-dasar mikrobioloogi,  Dasar-dasar Teknik Analisis Mikrobiologi, Preparasi Bahan dan Alat untuk Pengujian Mikrobiologi,  Teknik Analisis Mikrobiologi Secara Kualitatif, Teknik Analisis Mikrobiologi Secara Kuantitatif  dan Teknik Analisa TPC , Koliform dan E Kolliuji.

Pada pelatihan ini juga  disampaikan  beberapa hal yang terkait dengan praktikum mikrobiologi  diantaranya  latar belakang teknik dan metode yang akan dipilih dalam analisis mikrobiologi.

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini  dapat membantu praktisi laboratorium mikrobiologi pada pelaksanaan pengujian mikrobiologi di Laboratorium.


Materi Pelatihan

Materi yang akan disampaikan dalam pelatiuhan “Teknik Analisis  Mikrobiologi” ini disampaikan diruang kelas dan praktek  Analisis Mikrobiologi di Laboratorium untuk air bersih, dan contoh dari bahan atau produk pangan. Kelengkapan bahan materi yang akan disampaikan  adalah sebagai berikut :

 

A. Teori di ruang kelas

 

B  Praktikum

 

Peserta Pelatihan

Penyelengaraan pelatihan “Teknik Analisis Mikrobiologi” diperuntukan  bagi  praktisi/analis Laboratorium Mikrobiologi,  yang berlatar belakang minimal SLTA  seperti bagi :