Teknik Interpretasi Data Dikaitkan Regulasi dan Pelaporan Hasil Pengujian Parameter Lingkungan

PENDAHULUAN

Peran Laboratorium cukup besar dalam  Era Globalisasi/perdagangan bebas. Pemerintah  terus melakukan perbinaan ke setiap laboratorium di Indonesia diantaranya dengan penerapan SNI-ISO/IEC 17025 – Tahun 2008, Maka dalam rangka pembinaan langsung kepada pelaku management laboratorium pengujian kimia, kami dari RCChem Learning Centre akan menyelenggarakan Pelatihan dengan judul “TEKNIK INTERPRETASI DATA DIKAITKAN REGULASI DAN PELAPORAN HASIL PENGUJIAN PARAMETER LINGKUNGAN”

Pelaksanaan pelatihan ini sebagai bahan wawasan dan meminimalisasi kesalahan pada Laporan Hasil Uji (LHU) Laboratiruum Pengujian, bagi management (Manager Teknis) laboratorium Lingkungan dalam membuat pelaporan Hasil Pengujian Parameter Lingkungan yang terkait dengan Regulasi Lingkungan.  Hasil Pengujian Laboratorium Lingkungan tentu tidak lepas dari Sampel yang diambil oleh PPC/PPS. Parameter  Lapangan yang dilaksanakan oleh PPS, begitu potensial dapat memberikan bahan evaluasi parameter Lingkungan, hubungan dari satu parameter dengan parameter yang lainnya  masih banyak pelaporan yang tidak singkron dan menjadikan bahan pertanyaan terhadap kepercayaan terhadap hasil uji Laboratorium Lingkungan.  Maka dengan mengikuti pelatihan ini Management (Manager Teknis) dapat meningkatkan Nilai Kepercayaan Pelanggan karena Interpretasi hasil pengujiannya tidak meragukan pelanggan, setelah dievaluasi hubungan antara satu parameter dengan yang lainnya telah singkron dan selaras.

Pada pelatihan ini disampaikan bagaimana langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk dapat menelaah dan mengevaluasi data hasil pengujian dari mulai sampling yang dilakukan, preparasi yang dikerjakan, hasil analisa dari analis dan interpreatsi data yang dihasilkan terhadap beberapa regulasi yang berlaku saat ini terhadap parameter uji Lingkungan.

 

TUJUAN

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini praktisi  dan management laboratoroium dapat mempraktekkan secara langsung, bagaimana untuk mengevaluasi satu parameter terhadap parameter lainnya dimulai dari data lapangan pada saat kondisi sampling dan hasil pengujian laboratorium dari analis. Dengan demikian dapat meminimalaisasi kesalahan pada Laporan Hasil Uji (LHU) Laboratorium Pengujian.

 

MATERI

Materi yang disampaikan dalam pelatihan “TEKNIK INTERPRETASI DATA DIKAITKAN REGULASI DAN PELAPORAN HASIL PENGUJIAN PARAMETER LINGKUNGAN” sebagai berikut :

 

 

PESERTA

Praktisi dan management laboratorium, pengelola laboratorium  yang berlatar belakang minimal SLTA  seperti bagi :

Praktisi laboratorium (Penyelia, Pengkalibrasi internal, Pemelihara Sarana dan Prasarana Laboratorium)