Teknik Pengujian Kimia dengan Spektrometri Serapan Atom (AAS) Berbasis Kompetensi Level 1

PENDAHULUAN

Metode Analisis dengan Teknik AAS adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan dewasa ini di bidang analisis logam dalam berbagai matriks contoh, mulai dari air (air sungai, air minum, air limbah), bahan biologi (makanan, tumbuhan, uji klinis), mineral/batuan dan sebagainya. Metode AAS ini sangat sensitif, selektif, dan spesifik selain relatif sederhana, stabil dan ekonomis.

Di dalam sistem manajemen laboratorium, peranan para pelaksana pengujian/analis amatlah penting, karena pada hakekatnya merekalah yang membantu untuk dapat menghasilkan hasil analisis kimia yang benar dan terpercaya. Oleh karena itu adanya tenaga-tenaga yang kompeten, yang memiliki pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja sesuai dengan tugas kerjanya sangat menentukan mutu hasil analisis

Dengan diberlakukannya SNI ISO/IEC 17025;2008 untuk laboratorium yang terakreditasi, diharapkan setiap SDM laboratorium mempunyai kompetensi dalam melakukan pekerjaan di laboratorium.

Untuk membantu kesiapan laboratorium penguji dalam rangka akreditasi laboratorium serta sertifikasi kompetensi SDM laboratorium, RCChem Learning Centre akan mengadakan Pelatihan Laboratorium “Teknik Spektrometri AAS Berbasis Kompetensi Level I Menunjang Sertifikasi Personil Laboratorium”. Pelatihan ini dikemas dalam konsep CBT (Competency Based Training) baik teori maupun praktek.

 

 

TUJUAN

Pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori maupun praktis level I dalam aplikasi Teknik Analisis Spektrometri AAS (Atomic Absorption Spectrometry) agar para peserta pelatihan dapat lebih memahami seluk beluk penerapan metode AAS ini di laboratorium.

 

 

MATERI KULIAH

 

 

MATERI PRAKTIKUM

 

 

PESERTA PELATIHAN

Personil pelakssana penguji atau analis/teknisi laboratorium, dengan pendidikan minimal sekolah menengah kejuruan yang sesuai.