Teknik Dasar Pengujian Kimia Level I

PENDAHULUAN

Laboran yang kompeten akan mampu membantu melakukan analisis kimia di laboratorium. Tenaga–tenaga pembantu analis (laboran) yang kompetens diperlukan dalam kegiatan pengujian di laboratorium, baik laboratorium di perguruan tinggi, laboratorium penelitian dan pengembangan, serta laboratorium pengujian. Kompetensi laboran mencakup pengetahuan dasar mengenai bahan kimia, pembuatan larutan serta pengetahuan mengenai peralatan gelas maupun non-gelas. Hal ini sangat penting untuk mendukung terselenggaranya pekerjaan di laboratorium yang baik.

Laboran di laboratorium adalah tenaga kerja lulusan sekolah menegah umum yang dimanfaatkan untuk bekerja di laboratorium kimia, atau tenaga yang dimutasikan/dirotasikan di industri ke laboratorium kimia dimana SDM yang bersangkutan tidak mempunyai pengetahuan dasar mengenai kimia.

Peranan tenaga-tenaga laboran amat penting, karena pada hakekatnya merekalah yang membantu menyiapkan peralatan, membuat larutan sampai, memantau ketersediaan larutan dan melakukan standarisasi. Untuk meningkatkan kompetensi SDM laboran, RCChem Learning Centre akan  mengadakan Pelatihan ”Teknik Dasar Analisis Kimia Berbasis Kompetensi level I”. Pelatihan ini dikemas dalam konsep CBT (competency based training) baik teori maupun praktek.


TUJUAN

Setelah pelatihan diharapkan para peserta mempunyai pengetahuan dasar untuk menyiapkan analisis kimia di laboratorium serta mampu bekerja dengan aman. Dengan sasaran utama :

 

MATERI

 

MATERI PRAKTIKUM

 

PESERTA PELATIHAN

Tenaga laboran atau pembantu analis kimia dengan minimal pendidikan SMU atau sederajat yang belum berpengalaman di laboratorium Kimia.