Teknik Dasar Pengujian Kimia Berbasis Kompetensi

PENDAHULUAN


Untuk membantu melakukan analisis kimia di laboratorium, diperlukan pengetahuan dasar mengenai bahan kimia, peralatan gelas dan non-gelas. Hal ini sangat penting untuk mendukung terselenggaranya pekerjaan di laboratorium yang baik. Banyak tenaga kerja lulusan sekolah menegah umum yang dimanfaatkan untuk bekerja di laboratorium kimia, atau tenaga yang dimutasikan/dirotasikan di industri ke laboratorium kimia dimana SDM yang bersangkutan tidak mempunyai pengetahuan dasar mengenai kimia. Peranan tenaga-tenaga pembantu analis amat penting, karena pada hakekatnya merekalah yang membantu untuk dapat menghasilkan hasil analisis kimia yang benar dan terpercaya yang sesuai dengan panduan mutu. Oleh karena itu adanya tenaga–tenaga pembantu analis yang teliti dan terampil dapat menentukan kualitas/mutu hasil analisis.

Dengan diberlakukannya ISO/IEC 17025:2005 untuk laboratorium yang terakreditasi, diharapkan setiap SDM laboratorium mempunyai kompetensi dalam melakukan pekerjaan di laboratorium.

 

Untuk membantu kesiapan laboratorium penguji dalam rangka akreditasi laboratorium serta sertifikasi kompetensi SDM laboratorium, RCChem Learning Centre akan  mengadakan Pelatihan ”Teknik Dasar Analisis Kimia Berbasis Kompetensi”, yang bermanfaat bagi para peserta untuk dapat bekerja di laboratorium kimia. Pelatihan ini dikemas dalam konsep CBT (competency based training) baik teori maupun praktek.


TUJUAN

Setelah pelatihan diharapkan para peserta mempunyai pengetahuan dasar untuk membantu melakukan analisis kimia di laboratorium serta mampu bekerja dengan aman. Dengan sasaran utama :

 

MATERI

 

MATERI PRAKTIKUM

 

PESERTA PELATIGAN

Tenaga laboran atau pembantu analis kimia dengan minimal pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Menengah Atas atau sederajat yang belum berpengalaman di laboratorium Kimia.