Nama : Prof. Dr. Soemanto Imamkhasani
Jabatan :
Instansi :
Pendidikan :

- S-3, Ph.D-New South Wales University, Australia

         Lahir diklaten, Jawa Tengah, pada tanggal 11 September 1943. Setelah lulus dari SMA Boyolali pada tahun 1962, Ia melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan kimia dengan ikatan dinas dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Setelah lulus ITB pada 1968 , ia diperbantukan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan guna pengembangan laboratorium FIPIA – Universitas Andalas dan IKIP Padang dari tahun 1969 – 1972. Setelah selesai tugasnya, ia bekerja kembali di LIPI Bandung dan pada tahun 1976 mendapat kesempatan  mengikuti UNESCO Chemistry Research Training di University of New South Wales (UNSW), Australia.Pada tahun 1977 ia diperbolehkan mengambil master di School of Chemistry, UNSW dalam bidang Kimia Fisika. Program yang di biayai oleh Colombo Plan tersebut pada tahun 1978ditransfer ked lam program doctor (PhD) yang dapat diselesaikan pada akhir 1980.

         Sejak 1982- 1993, ia menjabat sebagai Kepala Balai Kimia Analitik Puslitbang Kimia Terapan – LIPI dan pada 1993 – 1996 sebagai Kepala Balai Jasa Iptek. Pengalamannya dalam bidang penelitian dan pendidikan kimia serta pengembangan laboratorium, telah mendorong pengembangan berbagai paket kursus/ training sejak 1983 dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kimia serta Metoda Analisis Kimia. Kursus tersebut umumnya bersifat mendasar tapi praktis dan aplikatif yang sampe sekarang masih terus berjalan dan diikuti terutama oleh industri – industri atau perusahaan swasta/ BUMN, instansi pemerintah dari seluruh Indonesia. Ia juga pernah bekerja pada proyek ILO- Depnaker pada 1989 – 1990 sebagai konsultan Nasional Bidang Chemical Safety. Buku- buku yang ia tulis diantaranya adalah Pedoman Keselamatan Kerja Bidang Kimia (ILO- Depnaker 1987), Keselamatan Kerja dalam Laboratorium Kimia (Gramedia- 1990), keselamatan Bidang Kimia dan Pengendalian Bahaya Besar dalam Industri (ILO- Depnaker 1990).

        Ia mengharapkan agar tulisannya dalam buku ini : Lembar Data Keselamatan Bahan yang merupakan Material Safety Data Sheet (MSDS) Versi Indonesia ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa pekerja, analis, teknisi dan para peneliti serta sarjana lainnya yang selalu bergelut dengan bahan- bahan kimia berbahaya.